LAPORAN HASIL PENGAMATAN
KEANEKARAGAMAN HAYATI
KEANEKARAGAMAN HAYATI
(Flora Dan Fauna)
DisusunOleh
Kelas : X-G
1. AgungBagus F. (01)
2. KhusnulKhotimah (18)
3. MeitaAlmira A. (22)
4. NindiListia K. (23)
5. Tri OktaHesti N. (35)
SMA NEGERI 2 TANGGUL
MENGAMATI KEANEKARAGAMAN HAYATI
I. Tujuan : Mengamati keanekaragaman hayati di lingkungan terdekat
II. Alat dan Bahan :
1. Pinset
2. Lup
3. Kamera
4. Internet
5. Laptop
6. Lingkungan Sekitar Sekolah
III. Cara Kerja :
1. Temukan beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang ada disekitar sekolahmu
1. Temukan beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang ada disekitar sekolahmu
2. Amati dengan seksama jenis mahluk hidup yang anda temukan
3. memasukkan hasil pengamatan ke dalam tabel pengamatan
Lokasi Pengamatan : Halaman SMA Negeri 2 Tanggul
Waktu Pengamatan : 11.30-12.00 WIB
Tabel Pengamatan :
Waktu Pengamatan : 11.30-12.00 WIB
Tabel Pengamatan :
4. Pengelompokkan mahluk hidup menjadi 2 kelompok, yaitu hewan dan tumbuhan:
NAMA
|
JENIS HEWAN
|
JENIS TUMBUHAN
|
KETERANGAN
|
Pohon sawo
|
ü
|
Tumbuhan berkambium
| |
Lombok
|
ü
|
Tumbuhan biji
| |
Belalang
|
ü
|
jenis Serangga herbivore
| |
Semut
|
ü
|
Merayap, dan hidup berkelompok
| |
Kaktus
|
ü
|
Tumbuhan berduri
| |
Kadal
|
ü
|
Hewan melata
| |
Lalat
|
ü
|
Serangga
| |
Lebah
|
ü
|
Serangga, mempunyai sengatan yang berbahaya
| |
Rumput
|
ü
|
Tumbuhan sejenis alang-alang
| |
Euphorbia
|
ü
|
Tumbuhan berduri dan termasuk tanaman hias
| |
Melati
|
ü
|
Tumbuhan perdu atau semak
| |
Palm
|
ü
|
Tumbuhan berkambium
| |
Cemara
|
ü
|
Tumbuhan berkambium
| |
Bugenvil
|
ü
|
Tanaman hias
| |
Kupu-kupu
|
ü
|
Serangga pemakan nectar
| |
Lidah Mertua
|
ü
|
Tanaman hias
| |
Lumut
|
ü
|
Tumbuhan liar
| |
Gelombang cinta
|
ü
|
Tanaman hias
| |
Perenjak Jawa
|
ü
|
Burung (unggas)
| |
Ulat Bulu
|
ü
|
Hewan yang disebut juga Hama
| |
Kamboja
|
ü
|
Tanaman hias
|
IV. Pertanyaan
1.Apa perbedaan dan persamaan hewan-hewan yang telah kalian temukan?
Jawab: Perbedaan:
1. Bentuk dan ukurannya berbeda
2. Warna kulit yang bermacam-macam
3. Jenis hewan yang beranekaragam
4. Memiliki ciri-ciri yang berbeda
5. Ditemukan di tempat yang berlainan
6. Makanannya yang berbeda-beda
7. Berasal dari spesies yang berbeda
1. Ditemukan dalam satu wilayah yang sama
2. Hewan yang ditemukan rata-rata bertubuh kecil
3. Sebagian hewan yang ditemukan berasal dari spesies yang sama
4. Termasuk jenis hewan merayap dan reptil
5. Hidupnya sama-sama berkelompok
2.Apa perbedaan dan persamaan tumbuhan-tumbuhan yang telah kalian temukan?
Jawab: Perbedaan:
1. Ditemukan di tempat yang berbeda
2. Sebagian tumbuhan yang di temukan memiliki kegunaan yang berbeda
3. Intensitas cahaya yang di butuhkan berbeda antara yang satu dengan yang lain
4. Unsur hara yang di butuhkan tidak sama
5. Memiliki bentuk dan ukuran yang beraneka ragam
6. Warna daun , bunga ,dan batang yang berbeda
7. Sebagian tumbuhan ada yang berbuah dan ada yang tidak
Persamaan:
1. Sama-sama membutuhkan unsur hara walaupun
2. Membutuhkan cahaya matahari
3. Berklorofil
4. Berfotosintesis
5. Menggugurkan daunnya
3. Faktor apa sajakah yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman mahluk hidup?
Jawab: Faktor-faktornya yaitu;
1. Keanekaragaman tingkat gen adalah keanaekaragaman atau variasi yang dapat di temukan diantara organisme dalam satu spesies. Misalnya; beberapa perbedaan ciri dan sifat yang ditemukan di antara sesama mahluk hidup. Walaupun sama-sama dalam satu spesies.
2. Keanekaragaman tingkat spesies atau jenis adalah keanekaragaman yang ditemukan di antara organisme yang tergolong dalam spesies yang berbeda, baik yang termasuk dalam satu famili maupun tidak. Perbedaan yang terdapat diantara organisme beda spesies lebih banyak disbandingkan dengan perbedaan diantara organisme satu spesies.
3. Keanekaragaman tingkat ekosistem adalah keanekaragaman yang dapat ditemukan diantara ekosistem. Susunan biotik dan abiotic setiap jenis ekosistem dipermukaan bumi tidak sama.
Kesimpulan;
Dari pengamatan yang telah kami lakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa, Ada banyak hewan dan tumbuhan yang ada di alam kita dengan jenis, bentuk dan ciri yang beragam serta berbeda antara hewan atau tumbuhan yang satu dengan yang lain. Faktor-faktor yang menyababkan keanekaragaman hewan dan tumbuhan tersebut ialah tingkat gen, tingkat spesies, dan tingkat ekositem.
LAPORAN HASIL PENGAMATAN
PERSEBARAN
PERSEBARAN
(Flora Dan Fauna)
DisusunOleh
Kelas : X-G
1. AgungBagus F. (01)
2. KhusnulKhotimah (18)
3. MeitaAlmira A. (22)
4. NindiListia K. (23)
5. Tri OktaHesti N. (35)
SMA NEGERI 2 TANGGUL
Jl. Salak No. 126 Telp (0336) 441014
Tanggul-Jember
2011 – 2012
Tanggul-Jember
2011 – 2012
I. Tujuan:
Mengetahuipersebaran fauna di Indonesia
Mengetahuipersebaran fauna di Indonesia
II. AlatdanBahan
1. Pena
2. Kertas
3. Sumberbuku fauna
4. Peta
5. Internet
6. Laptop
III. Cara Kerja:
1. Pelajarilahbukutentangpersebaranjenis-jenis fauna di Indonesia.
2. IsikanlahtemuanAndapadatabel di bawahini! Salinlah di bukutugasAnda.
No.
|
Kelompok Fauna
|
Wilayah
|
Jenis-jenis Fauna
|
1.
|
Oriental
|
Sumatra, Jawa,danKalimantan.
|
Gajah, Tapir, Badakberculadua, Harimau, Orang Utan (Sumatra)
Badakberculasatu, Harimau, Banteng (Jawa)
Badakberculadua, Macantutul, Orang Utan, BeruangMadu (Kalimantan)
|
2.
|
Australian
|
Sulawesi, Pulau Komodo, dan Papua.
|
Kasuari, Nuri, Parkit, Cindrawasih, MepatiBerjampul, KanguruWallabi, KanguruPohon, Anoa
|
3.
|
Peralihan
|
Bali, Lombok, Sulawesi.
|
BurungHantu, Bajing, Babi, BurungKakakTua.
|
3. Kumpulkangambar-gambar fauna darimasing-masingkelompokseperti yang terdapatdalamtabel!
4. Diskusikandenganteman-temananda, jenishewanapasaja yang terdapatpadamasing-masingkelompok fauna!
· Jenishewan yang terdapatpadamasing-masingkelompok fauna yaitu:
-Oriental; -Hewanmenyusui (Harimau, Kera, Macantutul, Kerbau), HewanBertubuhBesar (Gajah, BeruangMadu)
-Australian; -Mamaliaberukurankecil (Kanguru, KanguruPohon, Anoa), Hewanberkantong (Kanguru), Tidakterdapatspesieskeramaupunmamaliaprimitif, Burung (Kasuari, Nuri, Parkit, Cindrawasih, MerpatiBerjambul)
-Peralihan; -Burung (Maleo, BurungHantu, BurungKakakTua), MamaliaBerkantong (Marsupialia), Mamalia (Bajing, Babi)
5. Bandingkanhasiltemuanandadengankelompok lain!
6. Diskusikan, kemudiancatatkesimpulandaridiskusiitu!
6. Diskusikan, kemudiancatatkesimpulandaridiskusiitu!
Kesimpulan,
Dari tugas yang kami kerjakandapatditarikkesimpulanbahwawilayah Indonesia yang luaskarenadibagimenjadi 3 bagianolehgaris Wallace mempunyaijenis-jenishewan yang berbedaantaradaerah yang satudengandaerah yang lain. Dan di setiapdaerahhewan-hewan yang terdapatdidalamnyamemilikiciri-cirikhas yang sendiri.
Dari tugas yang kami kerjakandapatditarikkesimpulanbahwawilayah Indonesia yang luaskarenadibagimenjadi 3 bagianolehgaris Wallace mempunyaijenis-jenishewan yang berbedaantaradaerah yang satudengandaerah yang lain. Dan di setiapdaerahhewan-hewan yang terdapatdidalamnyamemilikiciri-cirikhas yang sendiri.
YouTube VR videos for YouTube - Videodl.cc
BalasHapusVideos you can't follow on YouTube to watch YouTube VR videos that use our popular videos is to broadcast high-quality VR content and free youtube mp3